Root Trainer (Pengganti Polybag) untuk Mengurangi Biaya Translokasi dan Penanaman Bibit

Salah satu kunci sukses dalam menentukan keberhasilan perkebunan karet adalah kualitas bahan tanam yang prima. Bahan tanam atau bibit polybag dari polybag nursery (one stage) diketahui lebih baik dari pada bibit stump mata tidur yang dipolybagkan.

Akan tetapi, bibit polybag ukurannya cukup besar sehingga cukup berat, disamping itu membutuhkan top soil yang cukup banyak. Salah satu alternatif yang telah dikembangkan di beberapa negara adalah penggunaan root trainer untuk menggantikan polybag

Contoh Penananam dengan Root Trainer

Root trainer adalah tempat media tumbuh untuk meningkatkan pertumbuhan akar bibit tanaman. Ukuran root trainer lebih kecil, medianya juga jauh lebih ringan.  Beberapa kelebihan yang diberikan oleh bibit root trainer, antara lain perakaran yang terbentuk sangat ekstensif dan bobot bibit sangat ringan sehingga biaya translokasi dan penanaman bibit lebih murah. Selain itu root trainer dapat digunakan berulangkali sehingga dapat menghemat biaya dibanding menggunakan polybag yang sekali pakai.

Berat root trainer hanya sekitar 60-70 gram/buah kosong dan 90-100 gram/buah jika di isi media. Memiliki panjang 25 cm dan diameter bagian atas 7 cm. Teknologi root trainer sangat cocok pada daerah-daerah perkebunan yang kesulitan mendapatkan top soil.

Bagi siapa saja yang berminat dapat memesan dan mengubungi / WA ke nomor berikut:
CV.Karco Indonesia (0812 655 9566 | 0812111256 | 08989386580)